Libur Panjang ke Sukabumi, Minum Susu Sapi Segar!

Fitraya Ramadhanny - detikTravel 

Sukabumi - Jangan bingung untuk liburan keluarga, saat long weekend Natal. Sukabumi menawarkan wisata edukasi peternakan sapi dan anak-anak bisa minum susu sapi segar.

Sukabumi tidak hanya punya mochi, tapi juga wisata peternakan sapi. Berada di kaki gunung Gede dan Pangrango membuat Sukabumi yang berhawa sejuk memang pas untuk wisata peternakan sapi.

detikTravel, Sabtu (26/12/2015) berkunjung ke Hasmlik, wisata edukasi peternakan sapi dan susu. Lokasinya berada di jalan raya Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Jl Raya Cimangkok No 7, RT 03/05, Cimangkok, Sukabumi.

Nama aslinya adalah Koperasi Peternak Sapi Perah Gunung Gede Sukabumi. Namun menurut Candra, pemandu wisata Hasmilk, pihaknya sejak tahun 2010 membuka diri untuk kunjungan wisatawan.


Wisata edukasi ini cocok untuk destinasi keluarga berbagai usia (Fitraya/detikTravel)

Hasmilk sering menjadi kunjungan wisata edukasi berbagai sekolah di Sukabumi dan sekitarnya. Namun Hasmilk juga asyik untuk dikunjungi bersama keluarga. Wisatawan tentu akan diajak melihat sapi perah.

Untuk menuju kandang-kandang sapi, anak-anak diajak menjelajah jalanan desa dengan ladang dan pemukiman warga di kanan kiri. Karena berbentuk koperasi, mereka menghimpun 18 peternak sehingga kandangnya pun agak tersebar letaknya.

Anak-anak memberi makan sapi (Fitraya/detikTravel)


"Setiap sapi butuh 40 kg rumput dan 50 liter air setiap hari. Ini sapi Holstein anakan dari Australia," kata Candra saat memberikan penjelasan kepada rombongan wisata keluarga.

Sapi-sapi ini dikawinkan dengan hati-hati demi menjaga kualitas agar tidak terjadi perkawinan sedarah yang bisa menyebabkan sapi terlahir cacat. Sapi-sapi betina ini pun diberi nama lucu yaitu nama-nama selebriti Indonesia. Anak-anak pun bisa memberi makan sapi dengan rumput yang sudah disiapkan, tentu ini jadi pengalaman asyik untuk mereka.


Ruang pengolahan susu sapi (Fitraya/detikTravel)

Jika datang pagi hari, pengunjung bisa melihat proses pengolahan susu sapi sampai dikemas dalam botol. Sementara, di kantor koperasi tersedia aneka olahan susu dan makanan yang bisa dibeli wisatawan.

Untuk kunjungan wisata edukasi ke Hasmilk, setiap orang cukup membayar Rp 40 ribu, termasuk mendapatkan 1 liter susu, satu botol kecil yoghurt dan sekantung permen karamel susu. Tempat seperti ini cocok untuk traveler yang ingin mengajak keluarga, mumpung liburan panjang Natal.


Aneka produk susu sapi di koperasi Hasmilk (Fitraya/detikTravel)

Powered by Blogger.