Ada Mooncake Unik Berisi Hati Angsa sampai Mie Instan di China (2)

Maya Safira - detikFood
 Ada Mooncake Unik Berisi Hati Angsa sampai Mie Instan di China (2) 
Foto: China Daily
 
 Mooncake berisi pasta lotus dan kuning telur tentu sudah biasa. Di China ada mooncake berlapis arang bambu hingga berisi mie instan.

Tiap tahun kue bulan jadi sajian spesial saat Mid-Autumn Festival di China. Isian mooncake tradisional yang tetap sama tentu bisa membuat bosan. Akhirnya muncul inovasi citarasa unik pada mooncake. Seperti yang dirangkum China Daily (24/09) berikut ini.

1. Sepuluh jenis kacang



“Shiren” mooncake menggunakan 10 jenis kacang-kacangan. Jumlah ini dua kali lipat “Wuren” mooncake tradisional dengan 5 jenis kacang-kacangan. Ukurannya pun empat sampai enam kali lebih besar dibanding mooncake tradisional. Mooncake tersebut menyiratkan harapan baik dan rasa hormat.

2. Tumisan daging babi dan sayuran diawetkan



Meicai Kourou merupakan hidangan terkenal di China. Makanan ini berisi tumisan babi dengan sayuran yang diawetkan dalam saus kedelai. Ada mooncake yang dibuat dengan isian spesial ini.

3. Arang bambu



Makanan berwarna hitam sempat jadi tren. Mooncake pun dibuat berwarna hitam dengan tambahan bubuk arang bambu. Disebut-sebut arang ini punya fungsi menyerap racun dalam tubuh.

4. Mie instan



Me​nikmati​ mie instan ke dalam mooncake tradisional tentu akan memberikan pengalaman unik. Di China terdapat mooncake berisi mie instan. Mooncake ini juga ditandai karakter China “Diao Si”. Artinya adalah “pecundang kurang mampu” seperti mengejek diri sendiri.

5. Mooncake manis goreng dengan tomat



Kantin Universitas Penerbangan Sipil di China membuat variasi berbeda dari mooncake. Mereka menggoreng mooncake manis isi kacang bersama tomat. Kemudian mooncake dihiasi jintan. Sajian ini pun menyebar dan jadi populer di internet. Sampai disebut sebagai mooncake paling aneh.

(odi/adr)
Powered by Blogger.