Makan Nasi Jamblang Khas Cirebon, Ini Lauk Wajibnya!

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel 
Cirebon - Nasi Jamblang jadi wisata kuliner wajib saat traveling ke Cirebon. Salah satu gerai paling terkenal adalah Nasi Jamblang Bu Nur. Ada puluhan lauk yang bisa dipilih, beberapa di antaranya wajib dicoba!

Sejarahnya, Nasi Jamblang adalah santapan para buruh pada zaman penjajahan Belanda. Namun kini, Nasi Jamblang menjadi salah satu kuliner paling ikonik di Cirebon. Traveler bisa menemukan banyak gerai yang menjual menu ini, yang paling terkenal adalah Nasi Jamblang Bu Nur.

Berlokasi di Jalan Cangkring II No 34, Nasi Jamblang Bu Nur selalu penuh pengunjung baik pada makan siang, makan malam, atau bahkan jam-jam di antaranya. Wisatawan perlu mengantre untuk mendapatkan nasi beralas daun jati, kemudian memilih sendiri lauk pauk yang disajikan.

Bagi para first-timer, pasti bingung memilih lauk yang diinginkan. Ada sekitar 30 lauk tersaji depan mata secara prasmanan. Mulai dari sayur tahu, tempe goreng, paru goreng, semur telor, sate kerang, cumi blakutak, aneka jenis perkedel, beragam jenis pepes, sampai otak sapi goreng dan semur daging.

Tenang, jangan bingung dan kalap. Setidaknya ada beberapa lauk yang wajib dicoba, dan direkomendasikan di gerai ini. Harganya berkisar antara Rp 1.000-6.500 per lauk.

"Cumi hitam, otak sapi, sate kentang, pepes telur asin," tutur salah satu pelayan Nasi Jamblang Bu Nur kepada detikTravel, saat berkunjung beberapa waktu lalu.

Saya pun mencicipi semua lauk yang direkomendasikan sang pelayan. Cumi hitam yang dimaksud adalah blakutak, cumi yang dimasak dengan tintanya yang gurih. Ditambah perkedel jagung, pepes jamur, dan tentunya sambal yang khas. Rasanya, maknyus!

Di gerai Nasi Jamblang Bu Nur juga terdapat penjual tahu gejrot, es lilin, dan aneka minuman. Tempatnya cukup besar, ada pula ruangan ber-AC sehingga pengunjung bisa menikmati seporsi Nasi Jamblang dengan nyaman.

 
Powered by Blogger.